Kamis, 08 Juni 2017

Shalat Idul Fitri


5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berangkat Shalat Idul Fitri

Sahabat Mandiri, berikut ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berangkat Shalat Idul Fitri, agar shalat yang kita laksanakan lebih khusyu, tenang, dan tetap mengutamakan keselamatan.

1. Memastikan keluarga telah menyantap hidangan meski hanya sebutir kurma sebelum berangkat shalat Idul Fitri
Mengikuti hadits yang menyatakan bahwa Rasulullah memakan sesuatu sebelum berangkat shalat Idul Fitri, ulama memperkirakan hal tersebut dilakukan Rasulullah agar umatnya tidak mengira harus berpuasa sebelum shalat Idul Fitri.

2. Memastikan kompor di rumah dalam keadaan mati
Jika telah menghangatkan sayur atau sehabis memasak sesuatu, untuk menjaga keamanan, sebelum berangkat ke masjid ada baiknya memeriksa kembali kondisi kompor di rumah, pastikan dalam keadaan mati agar tak terjadi hal-hal yang membahayakan selama keluarga sedang melaksanakan shalat.

3. Memastikan rumah dalam keadaan terkunci
Banyak yang mengambil kesempatan dalam kesempitan. Di saat semua orang bergembira di hari raya dan melaksanakan shalat Idul Fitri berjamaah, ada yang memanfaatkan untuk berbuat kejahatan. Oleh sebab itu, tetap waspada dan pastikan untuk mengunci pintu dan pagar rumah sebelum berangkat shalat.

4. Memastikan berangkat shalat sudah dalam keadaan berwudhu
Dikarenakan shalat Hari raya biasanya dilaksanakan di lapangan terbuka, ada baiknya kita telah menyempurnakan wudhu sebelum berangkat, agar tak kesulitan mengambil wudhu sebelum pelaksanaan shalat.

5. Memastikan keluarga sudah menunaikan zakat fitrah sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum shalat Idul Fitri, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll To Top