Kamis, 08 Juni 2017

Makan Sahur


5 Tips Sehat Makan Sahur Agar Tetap Fit Berpuasa

Sahabat Mandiri, bersantap sahur sangatlah penting selain karena disunahkan juga sebagai cadangan energi sepanjang hari berpuasa. Rasulullah ada bersabda daripada Anas r.a: “Makan sahurlah kamu, kerana sesungguhnya dalam sahur itu terdapat keberkahan”. (Muttafaqun alaih)

Bersahur membantu kita untuk lebih fit semasa berpuasa, dan juga melatih kita untuk bangun pada sepertiga akhir malam. Waktu yang mempunyai kelebihan untuk ibadah dan dimustajabkan doa serta istighfar. Sebuah hadis menerangkan tentang keutamaan waktu ini, Rasulullah s.a.w bersabda: “Tuhan kita Yang Maha Berkat dan Agung turun setiap malam ke langit dunia, ketika hanya tinggal sepertiga malam yang akhir. Lalu berfirman: “Sesiapa yang berdoa kepadaKu, akan Aku perkenankan untuknya. Sesiapa yang meminta kepadaKu, akan aku berikanNya. Sesiapa yang memohon keampunan kepadaKu, akan Aku ampunkannya” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim).

Membiasakan diri untuk bangun pada waktu tersebut memberikan peluang dan ruang kepada kita untuk berdoa dan memohon hajat kepada Allah SWT. Selain itu keutamaan bersahur lainnya adalah karena makan sahur menjadi pembeda  antara puasa orang-orang Islam dengan puasa ahli Kitab. Demekian beberapa keutamaan makan sahur.

Nah, Sahabat Mandiri, berikut ini beberapa tips berkaitan makan sahur agar tubuh tetap fit sepanjang berpuasa. Yuk disimak.

1. Tidak berlebihan
Makan sahur sebaiknya jangan berlebihan. Makan sahuy yang berlebihan akan membuat kita malas atau berat beraktivitas dan menjadi tidak produktif. Hikmah dari puasa sendiri sebenarnya agar kita mengurangi makan dan mengurangi asupan kalori. Jika hal ini dilakukan dengan niat mengendalikan nafsu makan, maka insya Allah puasa akan menyehatkan kita. Salah satu manfaatnya adalah berat badan akan turun di akhir bulan Ramadan. Hal ini tentunya akan diikuti oleh penurunan kadar kolesterol, gula dan lain-lain yang menyebabkan gangguan kesehatan.

2. Gizi komplit
Makan menu beragam dengan gizi yang cukup yaitu makanan yang mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh. Zat gizi ini terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

3. Cukup kebutuhan serat
Makan buah dan sayuran untuk kebutuhan serat. Makan sahur dengan makanan tinggi serat akan menjaga perut tetap kenyang sepanjang hari.

4. Minum yang cukup
Minum air putih yang cukup saat sahur dan menjelang subuh. Minum yang cukup membantu agar tidak terkena dehidrasi selama berpuasa. Tubuh yang terkena dehidrasi dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti radang tenggorokan. Jadi pastikan mengkonsumsi cairan yang cukup ketika sahur. Tapi hindari minum minuman manis yang berlebihan. Kopi atau teh juga perlu dihindari saat sahur karena akan menyebabkan kita sering buang air kecil yang berakibat tubuh kekurangan cairan.

5. Akhirkan
Dianjurkan untuk mengakhirkan makan sahur. Kira-kira  satu atau setengah jam sebelum subuh. Selain merupakan sunnah Rasul, mengakhirkan sahur juga nyata manfaatnya untuk kesehatan. “Sahur itu barakah maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Dan termasuk sunnah ketika sahur adalah untuk mengakhirkannya”, Sabda Nabi Muhammad SAW, dari Abi Said al-Khudri RA. Proses pencernaan kita kurang lebih memerlukan waktu 8 - 10 jam. Mengakhirkan sahur, membuat masa kosong perut tidak akan terlalu lama yaitu hanya sekitar 2 -3 jam saja.

Jadi Sahabat Mandiri sekalian, agar kita tetap fit dan sehat selama puasa, jangan tinggalkan makan sahur ya. Dengan begitu, semoga kita tetap sehat dan tetap fit untuk menjalankan aktivitas harian kita sepanjang bulan ramadhan ini. Wallahu’alam.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll To Top