Kamis, 08 Juni 2017

Gangguan Pencernaan


4 Gangguan Pencernaan Ini Akan Terjadi Kalau Salah Pola Makan Saat Puasa

Sahabat Mandiri, kalau pola makan kita benar, in syaa Allah puasa akan berdampak baik untuk pencernaan kita.

Akan tetapi, kalau pola makan kita keliru... maka di bulan Ramadhan ini kemungkinan besar kita mengalami salah satu dari 4 gangguan pencernaan berikut.

Kalau benar-benar mengalaminya, langsung cari tahu penyebabnya apa, dan segeralah hentikan kebiasaan salah tersebut.

1. Kembung
Makan, minum, makan lagi, minum lagi, terus seperti itu sampai kekenyangan, inilah penyebab perut kembung.

Di lambung, cairanlah yang pertama kali diturunkan ke usus kecil setelah itu lambung akan mengeluarkan enzim dan asam. Jadi, sebaiknya minum dulu sebelum makan, jangan diselang-seling.

Selain itu, beberapa makanan juga berpotensi menyebabkan perut begah atau kembung: kol, brokoli, kubis, kale, kacang-kacangan, makanan berminyak, minuman bersoda dan lainnya.

2. Naiknya asam lambung
Penyebab yang umum adalah telat berbuka puasa dan juga langsung tidur setelah makan. Akibatnya asam lambung sekaligus makanan yang kita konsumsi terasa naik ke kerongkongan. Nyeri di ulu hati dan dada terasa panas.

Cara mencegahnya adalah tidak makan berlebihan, hindari makanan yang mengandung lemak tinggi serta kafein. Dan biasakan jangan tidur setelah makan. Jika ingin tidur, sebaiknya berikan jeda 2 hingga 3 jam setelah makan.

3. Sembelit
Konstipasi atau sembelit alias susah Buang air besar bisa terjadi ketika asupan cairan dan serat dalam tubuh kita kurang.

Maka cara mencegahnya adalah dengan cukup minum air putih, mengonsumsi makanan berserat tinggi ketika sahur dan berbuka. Seperti buah dan sayuran.

4. Diare
Salah konsumsi makanan bisa sebabkan diare alias mencret. Biasanya kita kalap ketika sahur dan berbuka, segala jenis jajanan masuk mulut, baik yang sehat maupun yang 'sampah', hal ini berpotensi menyebabkan terserang diare.

Perlu dipastikan makanan yang kita konsumsi halal dan thoyyib ya Sahabat Mandiri, agar di bulan ramadhan ini kita mendapat kesehatan pencernaan dan bukannya malah ganggua  pencernaan karena salah pola makan.

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll To Top